Tuesday, October 15, 2013

Highrisk Cleaning Service_Mahal atau Murah ?


Salam Rekan Semua ^_^

Jumpa lagi dengan admin Highrisk service, masih di halaman yang sama ^_^

Di halaman ini, saya ingin membahas mengenai mahal atau murahkah jenis layanan pembersihan yang akrab dikenal dengan sebutan Highrisk Cleaning service  ini.
Banyak sekali telepon yang masuk ke nomor admin di samping ( hehehe, bukan nyombong sih ) dan seringkali keluhan yang tersampaikan adalah :

"Aduh, kok tinggi sekali ya harganya ?"

"Wah, jangan segitu to Pak ?"

"Katanya murah, kok segitu ?"

Dsb ^_^

Dan melalui lembar halaman ini, akan coba saya jelaskan konsep "Murah" yang sering saya singgung pada berbagai kesempatan dalam Blog tercinta ini ^_^

Harga, selalu menjadi prioritas pertanyaan dalam hal jual beli (tentu saja ya ?) dan sayangnya, banyak diantara pelaku usaha kita cenderung mengabaikan kualitas dalam hal pembelian, khususnya saat berhubungan dengan jasa.
Seringkali terjadi kondisi dimana gedung pelaku usaha menjadi rusak karena team managemen tergiur oleh nominal kecil yang dipasang oleh team cleaner yang kurang menguasai medan dan materi pembersihan. Seringkali bahkan dalam berbagai kasus, pengguna jasa malah kena denda oleh Dinas Tenaga Kerja karena team outsource yang dipekerjakan tidak memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut. Dalam pengalaman kami sebelum-sebelumnya, kami menemui berbagai kendala karena hal tersebut diatas.
Pengetahuan mengenai material yang dibersihkan, alat dan obat yang harus digunakan, sertifikasi pekerja, asuransi pekerja, dan banyak yang lainnya yang kurang dikuasai banyak team yang lain seringkali membuat ranah pekerjaan ini menjadi meragukan. Sementara itu permasalahan ini memburuk dengan cepat karena SRT Highrisk Cleaning sendiri masih merupakan ranah pekerjaan yang baru di Indonesia.Sama seperti permasalahan yang kami hadapi di Palembang beberapa waktu yang lalu.

Gedung yang terlihat di samping rupanya sudah lama tidak dibersihkan, dan terakhir kali dibersihkan, rupanya team managemen mencari team pembersih yang menawarkan harga terendah dalam pengerjaaannya, dan hasilnya sungguh merupakan sebuah bencana...

Alucobon berwarna silver tersebut bernoda putih-putih yang menggaris sesuai dengan arah gosokan !

Selidik punya selidik, saat akhirnya kami penasaran dan mulai mencari informasi mengenai tehnik pembersihan sebelumnya, terungkap kalau chemical yang digunakan untuk "mencuci" gedung ini adalah campuran chemical pembersih lantai yang ditambahi deterjen !

My God, sungguh suatu penyiksaan...

Dan benar saja, "the Milky things" itu tidak mau hilang...
Kondisi ini diperparah dengan ketidaktahuan team pembersih akan sifat-sifat dasar Alucobon sendiri yang rentan panas dan tetap "mencuci" gedung tersebut di tengah terik matahari...
Dan kami yang menjadi team selanjutnya, benar-benar hampir menyerah...
Kerusakan yang terjadi sudah terlanjur parah...
Namun percuma kami dibayar "mahal" jika kami tidak dapat menyelesaikan tanggung jawab tersebut (Bukan sombong sih ^_^)
Pada gambar disamping akan dapat dilihat bagaimana kami membuat semuanya "sedikit" mendekati bersih setelah semua kerusakan yang terjadi.
Asuransi kerusakan bangunan yang menjadi tanggung jawab perusahaan kami (jika kerusakan terjadi karena proses pembersihan) memaksa kami berbuat semaksimal mungkin tanpa menimbulkan kerugian.
Dan kami berhasil ^_^

Pengetahuan kami tentang sifat-sifat dasar material yang dibersihkan, ditambah pengalaman serta penguasaan tehnik pembersihan dan obat-obat pembersihnya yang menjadikan kami berada di level yang berbeda. Jaminan adanya asuransi kerusakan yang terjadi karena proses pembersihan diharapkan memberikan rasa aman bagi pegguna jasa untuk menggunakan jasa kami.
Pekerja-pekerja yang bersertifikasi Climber, dan penguasaan alat safety yang diatas rata-rata memberikan nilai tambah bagi team kami ^_^
Jadi pada akhirnya, "mahal" itu sendiri akan menjadi relatif, hehehe.... Karena seperti owner gedung yang menjadi contoh di atas, keinginannya untuk mendapatkan service yang murah malah berbalik menjadi sangat mahal (sebelum bersua dengan team kami, maksudnya) karena jika pada akhirnya beliau tidak bertemu team kami, pembersihan selanjutnya yang harus beliau lakukan adalah pembersihan seluruh bagian permukaan gedungnya dengan menggunakan bor.... Alias mengganti semuanya dengan permukaan yang baru, hehehehe....

Hal ini yang ingin saya bagi dengan para pelaku usaha sekalian ^_^ juga bagi para Cleaner sendiri yang juga memiliki jenis usaha yang sama dengan kami disini.

Jangan memaksakan harga yang murah dengan mengurangi kualitas hasil pembersihan, karena pekerjaan dinilai tinggi jika hasil yang didapat maksimal.
Bukan berarti menganjurkan untuk memberikan harga yang tinggi ya ^_^ hanya saja, berikan kualitas yang sebanding dengan harga yang diberikan, sehingga setiap pengguna jasa akan dapat merasa puas sesuai dengan apa yang mereka bayarkan ^_^

So, silahkan dinilai ya rekan semua...

Mahal ?
Atau murah ?