Monday, September 30, 2013

Highrisk Cleaning Service - Cleaning Progress

Setelah lama tidak ada update di halaman ini, admin kembali hadir untuk mengajak rekan-rekan pemilik gedung untuk melihat dengan pasti progress pembersihan gedung yang pernah kami lakukan.

Dalam beberapa kasus, gedung memiliki beberapa elemen yang yang menyusun bangunan tersebut. Kaca, Alucobon, Acrylic, Seven, Alutile, dan merk lain yang berjajar dalam sebuah bangunan.
^_^ dan hasilnya adalah sebuah bencana pembersihan bagi rekan-rekan Cleaner ^_^

Dalam kerja sama kami dengan sebuah penyedia jasa kebersihan di Palembang, Sumatera Selatan beberapa waktu yang lalu menjadi sebuah contoh nyata.
Bagaimana sebuah gedung dapat memuat beberapa jenis material penyusun dengan berbagai permukaan yang berbeda. Bagi para rekan Cleaner atau Kontraktor pasti mengetahui mengenai bagaimana repotnya meng-handle berbagai merk ini, khususnya bagi para Cleaner, tentunya ^_^.
Dan Gedung Selebrity Cafe & Lounge yang terletak di jalan Veteran, Palembang ini memiliki hal tersebut.

Pada gambar disamping dapat dilihat bagaimana secara sekilas, gedung disamping terdiri atas materi yang sama, yakni ALUCOBON akan tetapi, ternyata kami terkejut ^_^

Dari setiap warna yang berbeda, kami menemukan jenis merk yang berbeda. ACP, Alucobond, Alutile dan Acrylic yang disatukan dalam 1 bangunan.
Sementara (sekedar informasi) berbagai merk ini membutuhkan penanganan dan chemical yang berbeda. Sehingga, estimasi pengerjaan pembersihan gedung yang diperkirakan akan selesai selama 10 hari, melenceng menjadi hampir 17 hari lamanya.
Dan hal ini dipersulit oleh kondisi gedung yang disiram matahari sepanjang hari (mohon diingat bahwa Alucobon sangat rentan sinar matahari dalam proses pembersihan), disamping kesulitan-kesulitan yang berasal dari kondisi gedung itu sediri
Selain itu, proses pembersihan yang pernah dilakukan sebelumnya (Oleh team lain dari perusahaan lain) rupanya menggunakan senyawa bahan yang dilarang digunakan untuk pembersihan ALUCOBON
apapun merk dan jenisnya, yakni Asam soda (banyak ditemukan dalam jenis sabun dan deterjen).

Dan ini benar-benar menyulitkan, jika tidak dapat dibilang sebagai bencana ^_^..

Namun, dalam prosesnya, akhirnya kami mampu melakukan proses pembersihan, meskipun hasil yang didapat belum sesuai dengan standard yang biasanya kami tetapkan dalam layanan jasa yang kami sediakan. Akan tetapi, melihat kondisi gedung sebelumnya, hasil terbaik tanpa merusak media sudah kami hadirkan bagi pemilik gedung dan pengguna jasa.
Pada gambar di samping kanan, terlihat bagaimana anggota team kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil terbaik bagi para pengguna jasa.
Sementara itu, banyak hal-hal yang diketahui oleh para Cleaner, namun tidak diketahui oleh para pemilik gedung, bahwasanya ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses cleaning itu sendiri.
Dan melalui lembar ini, akan kami bagikan hal tersebut kepada para rekan pemilik gedung semua ^_^
  • Alucobond rentan terhadap soda
Proses pembersihan yang salah, malah seringkali membuat kondisi permukaan gedung yang menggunakan ALUCOBON malah berubah warna. Banyak chemical yang menggunakan soda pembersih sebagai materi penyusunnya, dan Alucobon sangat lemah terhadap materi tersebut.
Bahkan, 20 % dari campuran senyawa ini akan cukup membuat permukaan Alucobond memudar
  • Proses pembersihan harusnya dilakukan dalam kondisi berawan atau minim sinar matahari
Alucobond, terdiri dari Alumunium Composite, atau panel-panel yang berlapiskan material sejenis alumunium dan pada beberapa merk, menggunakan lapisan acrylic atau fyber di lapisan terluar.
Menilik dari penyusunnya, Alucobond ini merupakan material penyusun bangunan yang mampu menyerap panas, dan saat terpapar sinar matahari langsung, permukaan Alucobond ini mampu mencapai suhu hingga 40-50 derajat Celcius. Dan kondisi tersebut sangat berbahaya baik bagi Cleaner ataupun bagi kebersihannya sendiri.
Saat pembersihan itu dilakukan dalam kondisi sepanas itu, Chemical yang digunakan untuk tujuan kebersihan, akan diserap oleh permukaan ALUCOBON yang membuka karena proses pembersihan dan panas matahari, sehingga noda dan kotoran yang terangkat, malah masuk ke dalam pori-pori Alucobond dan saat hal itu terjadi, noda yang tertinggal akan menjadi mustahil untuk dibersihkan
  • Alucobond rentan chemical
Seringkali pelanggan yang tidak puas (namun tidak mengerti) akan mengeluh dan meminta supaya pembersihan diulang dengan segera ^_^

Padahal pembersihan Alucobond tidak disarankan untuk pengulangan dalam waktu singkat.

Setiap kali permukaan Alucobond terkena chemical (dalam proses pembersihan) pori dan lapisan cat yang ada pada Alucobond menjadi rentan gores. Proses yang sama dalam waktu 1 x 24 jam hanya akan membuat permukaan menjadi rusak.
Hal ini pula yang membuat proses Alucobond sering memakan waktu yang lama.
  • Alucobond mudah menyerap kotoran
Yap, karena berada diluar bangunan yang biasanya terletak di tempat yang tinggi, Alucobond menjadi gampang kotor. Selain itu, dengan lapisan yang berada di permukaannya, Alucobond cenderung mengikat debu menempel padanya.
Hal ini pula yang menyebabkan Alucobond menuntut perawatan rutin, minimal 2 x dalam setahun. Karena kondisi bangunan yang tertutup Alucobond akan berusia lebih lama dalam hal keindahannya jika kebersihan tersebut terjaga dan perawatan rutin tersebut akan cenderung membuat proses pembersihan relatif lebih mudah, sehingga harga-pun dapat diminimalkan dalam persetujuan pengerjaannya ^_^

So, that's it all I can share for you all this time ^_^
Jangan pernah bosan untuk mampir ke halaman ini lagi untuk melihat sejauh mana kami memberikan perbedaan antara yang terawat dan yang tidak terawat ^_^
Stick around and you'll be convince to using for our service as your provider for Highrisk Cleaning Service ^_^

No comments:

Post a Comment