Tuesday, August 20, 2013

Alucobon Cleaning-Gedung Sastra & Bahasa Universitas Gajah Mada Yogyakarta


Salam jumpa kembali dengan rekan semua ^_^ Mohon dimaafkan jika updating Blog agak tersendat beberapa waktu ini karena berbagai hal.
Jumpa lagi dengan kami team pembersih beresiko tinggi dari Yogyakarta. Untuk kali ini kami akan menceritakan mengenai kerja sama kami dengan PT. WIKA Gedung dan PT. Pelita Maju dalam pengerjaan pembersihan dan pelepasan stiker Protektor Alucobone di gedung Sastra dan Bahasa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Protektor Cleaning Gadjah Mada University, Juli 2011

Seperti yang sudah kita tahu bersama, Alucobone nampaknya telah menjadi primadona dalam pembangunan sebuah gedung. Figur-nya yang mudah dipasang, tahan cuaca dan berwarna-warni dirasa menjadi tolok ukur bagi para pengguna untuk memilih Alucobone sebagai pembentuk estetika bagi tampilan luar gedungnya.
Namun pada prosesnya, karena Alucobone juga memiliki sisi luar yang dijaga supaya tidak tergores dalam proses pemasangan ataupun pengiriman, dibutuhkan adanya pelindung yang mampu mencegah adanya kerusakan selama proses pengiriman ataupun pemasangan. Sehingga Alucobone dilengkapi dengan stiker pelindung yang mampu mencegah terjadinya kerusakan tersebut.
Namun ada kalanya, dalam proses pembangunan, terjadi hal-hal yang menyebabkan stiker pelindung ini belum dilepas hingga fasilitas tangga pendukung ( Skafolding ) dilepas dari dinding gedung sehingga proses pelepasan stiker pelindung ini menjadi tidak mungkin dilakukan tanpa alat bantuan atau team khusus.

Hal ini pula yang terjadi dalam pembangunan gedung Sastra & Bahasa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang terletak di jalan Humaniora, Bulak Sumur, Yogyakarta.

Dengan kendala yang ada, kami diserahi tanggung jawab untuk melepas stiker pelindung Alucobone yang masih terpasang karena mengingat kondisi gedung yang sudah hampir selesai dalam pengerjaannya, akan menjadi terlalu berbahaya bagi pekerja biasa untuk melakukan pekerjaan tersebut.
Dengan peralatan dan Keahlian yang kami kuasai, tanggung jawab tersebut kami terima, karena seperti yang mungkin sudah diketahui oleh rekan pembaca semua, Stiker Alucobone harus dilepas dalam jangka waktu kurang dari 60 hari sejak pemasangan.
Karena selain akan mengurangi keindahan dari gedung itu sendiri, Stiker Alucobone akan sangat sulit untuk dilepas setelah tempo 60 hari.
Hal ini mungkin dikarenakan adanya kontak langsung dengan cuaca, sehingga Lem yang ada pada stiker protektor menjadi demikian kuat melekat. Selain itu, mengingat stiker ini terbuat dari bahan serupa plastik, dalam kontaknya dengan cuaca, Stiker Protektor menjadi gampang sobek, sehingga kegiatan pembersihan akan dapat berjalan sedemikian lama.
Dan dalam kegiatan pembersihan inilah kerja sama awal kami dengan PT. WIKA Gedung dan PT. Pelita Madju terbina.
Kondisi gedung yang berbentuk bulat serupa angka delapan ini telah berada dalam proses finishing dan Scafolding telah dilepas dari dinding gedung. Sementara itu banyak Stiker Protektor Alucobone yang belum dilepas karena struktur gedung yang sebelumnya memungkinkan untuk melakukan pemasangan Alucobone dari sisi dalam, tidak mampu lagi menunjang pengerjaan pelepasan stiker protektor tersebut. Hal ini dikarenakan struktur tulangan baja yang sebelumnya digunakan sebagai pijakan dan safety line bagi pemasang Alucobone telah ditutup menggunakan plat dan tembok, sehingga tidak ada lagi ruang yang dapat dipijak.
Disinilah kami dengan keahlian kami menjadi tumpuan dalam pengerjaannya. Pembersihan Stiker Protektor ini memakan waktu yang lumayan lama karena kondisi Gedung yang sulit. Dengan menggunakan Single Rope Teknik, kami menggunakan berbagai Anchor yang ada di berbagai tempat di atap gedung untuk melakukan pembersihan ini. Dan dalam waktu 2 minggu, pengelupasan dan pembersihan gedung Sastra dan Bahasa UGM Yogyakarta ini selesai dilakukan.
Mungkin secara sekilas, pekerjaan kami bisa dibilang sebagai pekerjaan yang sederhana, namun karena tingginya tingkat resiko dan keahlian yang terlibat dalam pengerjaannya, maka dengan bangga kami berani mengucapkan bahwa kami adalah team handal di bidang kami ^_^
Stick around to know what other building which choose us for their cleanliness and tidyness.

No comments:

Post a Comment