Sunday, May 13, 2018

Highrisk Service-Pembuatan Profile Line Prime Biz Hotel Cikarang, Jawa Barat

pembuatan profile line, pembersihan, resealan, pengecatan vertikal

Salam Glass Crawler untuk kalian semua, para praktisi Rope Access, Building Management dan Building Owner di seantero Nusantara yang tercinta ^_^

Kembali Admin ganteng dari perusahaan penyedia jasa pembersihan kaca dan perawatan gedung bertingkat, CV. Palma Jebugan, menyambangi jendela elektronik rekan semua dengan cerita baru yang lumayan seru-seru sedap (Hihihi...)

Pada halaman kali ini, Admin akan bercerita tentang kerja sama kami dengan PT. Sarana Griya yang bermarkas di Bogor dalam menjadi penyedia jasa bagi Prime Biz Hotel di Cikarang, Jawa Barat.

Pada saat pertama kali kami bertemu, Pak Aubrey dengan saya, waktu itu berkisar di bulan Juli di tahun 2017. Kebetulan, Pak Aubrey, yang merupakan ujung tombak dari PT. Sarana Griya ini, membutuhkan jasa team highrisk untuk ketugasan pengecatan dinding luar Prime Biz Hotel Cikarang, dan karena memang pengecatan dinding vertikal adalah salah satu dari jenis jasa yang kami sediakan selain pemasangan sealan, pembersihan kaca dan acp, dan banyak lainnya, maka dimulailah kerja sama antara CV Palma Jebugan dengan PT. Sarana Griya

Dan ternyata, seiring waktu yang dilalui bersama, tercipta chemistry khusus antara kedua perusahaan ini.. (qqqqqqq, sebenernya ini cerita galau model apa ya?)

Beranjak dari Pengecatan Dinding Vertikal, lalu berkembang ke Pembersihan Kaca Sisi Luar Gedung dan hingga akhirnya, Repair dan Pembuatan Eksterior Profile Line untuk bagian sisi barat gedung Prime Biz Hotel, yang sedianya memang seharusnya sudah masuk ranah konstruksi.

Pembersihan Kaca, Resealant, pengecatan dinding vertikal, rope access indonesia
Oke, mari kita perhatikan foto di samping...

Pada foto di samping, terlihat ada bagian eksterior profile line berwarna biru yang secara dalam foto, terlihat baik-baik saja. Padahal kondisi sebenarnya sangatlah memprihatinkan...

Bangunan hotel ini hampir bisa terbilang berusia muda, namun sayangnya, entah karena keterbatasan waktu atau apa sebabnya, pembuatan rangka profile line yang menggunakan ACP sebagai penutupnya ini terkesan seadanya, jika tidak boleh dibilang semaunya sendiri. 

Pada saat pekerjaan ini ditawarkan, Orientasi Medan yang diberikan oleh team leader terbilang merupakan sebuah pekerjaan sederhana. 
Team diharapkan untuk membongkar keseluruhan ACP beserta rangkanya, mengingat ACP dan rangka itu terkesan berbahaya bagi pengunjung yang memarkir mobil di dekat area tersebut. Hal ini lebih disebabkan karena ACP yang terpasang, mulai rontok dengan sendirinya. Sehingga, selain karena tampilan keseluruhan jadi terlihat jelek, dikhawatirkan, saat angin besar bertiup dan ada ACP yang lepas lalu menimpa salah satu mobil yang parkir di bawah, hal tersebut pasti akan menjadi masalah besar (atau biaya besar :p)

Team setuju dan siap melaksanakan pekerjaan tersebut...

Penyedia jasa kebersihan kaca dan perawatan gedung bertingkat
Dengan menggunakan team yang beranggotakan 2 orang ahli Rope Access bersertifikat dari Kementrian Tenaga Kerja RI dan 1 orang operator guna mendukung kinerja mereka, pekerjaan dimulai.

Namun, masalah baru muncul ketika keseluruhan rangka dan ACP yang menutupi area tersebut selesai dibongkar semua.
Tanggung jawab kami yang seharusnya hanya melakukan pembongkaran dan merapikan tembok dalam dengan menggunakan Acian Semen, ternyata berkembang menjadi sesuatu yang lebih rumit...

Lho, lha kenapa??!

Pertanyaan yang bagus ^_^

Karena, ternyata area dinding yang tertutup rangka hollow dan ACP ini memiliki bentuk yang amat sangat tidak simetris dan tak enak dipandang mata!

(^_^')

Hal ini menjadikan ketugasan kami berkembang menjadi proses repair dan fabrikasi, karena rangka yang sebelumnya telah terpasang, hampir bisa dibilang tidak memungkinkan untuk digunakan kembali.
Maka dimulailah progress lanjutan menuju profile line baru yang menggunakan bahan dasar GRC sebagai penutup rangka. Hal ini terbilang masuk akal, mengingat jenis material ini terbilang lebih murah dan memiliki keunggulan dalam pembuatan fake wall.

pembersihan kaca, pembersihan acp, pengecatan, resealantDan seperti seharusnya, proses dimulai dengan Fabrikasi rangka...

Dalam hal fabrikasi rangka ini, sebenarnya metode Rope Access terbilang memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan metode yang lain seperti menggunakan Scafolding, misalnya.

Hal ini disebabkan karena dalam prosesnya, pengeboran dinding akan memakan waktu yang lebih lama daripada jika team menggunakan scafolding. Posisi pekerja yang menggantung pada tali, meniadakan tekanan yang mungkin akan bisa lebih mempercepat proses pengeboran dibandingkan jika menggunakan scafolding dalam prosesnya.
pembersihan kaca, pembersihan acp, pengecatan, resealantMeski kelemahan tersebut dapat ditutup dengan singkatnya masa persiapan pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam, sedangkan jika menggunakan scafolding, team akan membutuhkan waktu pemasangan rangka perancah selama kurang lebih 6-12 hari tergantung pada tingkat kesulitan area pemasangan dan jumlah man power yang ada. Jadi ya, agak kurang bisa disebut kelemahan sih (qqqqqqqq)

Disamping itu, kekurangan ini bisa diatasi dengan menggunakan tools yang tepat, yakni Impact Drill, Bor yang biasa digunakan oleh para pemanjat tebing profesional dan team SAR dalam membuat jalur pendakian dan pembuatan anchour-anchour safety pada tebing karang, meski yah, Impact Drill ini harganya lumayan mahal (^_^')...
Terlepas dari masalah tersebut, kondisi area terbilang tidak memenuhi syarat keamanan kerja jika menggunakan Scafolding (Maksudnya, akan dibutuhkan sedemikian banyak peralatan tambahan guna memastikan pekerjaan dilaksanakan dengan aman) sehingga metode ini dipilih.
Disamping tentunya karena CV. Palma Jebugan merupakan penyedia jasa kebersihan kaca dan perawatan gedung bertingkat dengan metode Rope Access, bukan scafolding (Hwaaaaakakakakakak...)

Dalam prosesnya, setelah melewati berbagai perdebatan, meeting, rapat dan pembicaraan berpasang-pasang mata, maka disepakatilah pembuatan rangka ini menggunakan material sebagai berikut :
  • Besi Siku 4x4
  • Hollow Galvanis 4x4
  • GRC
  • Rivet
  • dan Dinabol 
Dan....
pengecatan, resealan
Seperti inilah hasilnya sekarang... ^_^

Mungkin bagi rekan semua, praktisi Rope Accesser di Indonesia yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Manado, Bali dan banyak kota lainnya, menganggap hal seperti ini wajar dilakukan dan biasa saja, tapi ternyata ini tidaklah biasa saja bagi kami di CV. Palma Jebugan, perusahaan penyedia jasa kebersihan kaca dan perawatan gedung profesional ini...
Butuh waktu hampir 2 bulan bagi team untuk menyelesaikan ketugasan ini. Meskipun team di lokasi hanya berjumlah 2 orang Roper dan 1 orang operator, hal itu tidak dapat dijadikan sebagai alasan. 

Tapi sebagaimana visi dan misi CV Palma Jebugan untuk menjadikan Rope Access sebagai salah satu metode pekerjaan ketinggian yang mumpuni, tetap, setiap ketugasan yang dipercayakan kepada kami, akan menjadi sebuah evaluasi demi perkembangan dan peningkatan mutu pekerjaan itu sendiri, sehingga kepuasan konsumen akan benar-benar menjadi sebuah trophy yang tidak terbantahkan bagi team dan perusahaan.

Demikian kiranya cerita mengenai proses pekerjaan kami dalam kerja sama dengan PT. Sarana Griya dan Prime Biz Hotel CIkarang sebagai End User. Semoga akan terjalin kerja sama lain di kota lain, hihihi
Boleh dong berharap, kan Prime Biz ada dimana-mana ya? 
hihihihi....

Yah, meski cerita Admin kali ini terkesan tidak runtut, detail dan melompat-lompat, mohon jangan bosan untuk mampir dan membaca cerita Admin ya. Minimal bisa sedikit menjadi bahan bacaan deh, nggak dengerin berita politik mulu, hiqqqqqq...
Oke Deh, kiranya cukup sekian dulu cerita Admin kali ini. Kali besok, Admin akan datang lagi dengan memaksa untuk menceritakan tentang bagaimana sebuah pabrik juga harus bersolek meski tidak harus mahal dalam prosesnya. 

So, Stay Sharp, Keep Wise and keep Safety as Number One


No comments:

Post a Comment